Home > Uncategorized > Tour And Travel Sebagai Bisnis Jasa

Tour And Travel Sebagai Bisnis Jasa

Produk industri pariwisata adalah aneka ragam jasa yang dibutuhkan wisatawan yang ditawarkan secara terpisah oleh masing-masing bidang usaha, namun mempunyai kaitan fungsional terpadu dalam rangka memuaskan seluruh pengalaman wisatawan. Adapun produk industri pariwisata adalah jasa perusahaan biro travel agent tour and travel agent, perusahaan transport, perusahaan akomodasi, perusahaan makanan dan minuman, cinderamata dan kerajinan.

Sebuah agen perjalanan atau tour and travel agent adalah bisnis ritel yang menjual produk perjalanan dan jasa. Bisnis ini terkait kepada pelanggan dan pemasok, seperti maskapai penerbangan, penyewaan mobil, jalur pelayaran, hotel, kereta api, tur dan paket liburan yang menggabungkan beberapa produk.

Selain berurusan dengan wisatawan, tour and travel agent memiliki sebuah departemen terpisah yang ditujukan untuk membuat pengaturan perjalanan untuk pelancong bisnis. Agen perjalanan khusus ini mengurusi perjalanan komersial dan bisnis saja.

Selain itu, ada pula agen pejalanan yang melayan penjualan umum untuk perusahaan yang bepergian keluar negeri. Hal ini memungkinkan agen untuk memiliki kantor di negara-negara selain dimana kantor pusat mereka berada di Indonesia.

Perusahaan tour and travel adalah perusahaan yang kegiatanya melakukan penjualan tiket sarana angkutan darat, laut, dan udara serta menjual karcis hiburan. Selain itu, agen tour and travel juga melakukan pemesanan kamar hotel atau reservation, pertunjukan, dan lain Sebagainya. Pekerjaan penting lainnya adalah mengurus dan mendapatkan dokumen perjalanan, seperti exit permit, fiscal passport, visa entry permit, dan lain sebagainya

Perusahaan tour and travel yang melakukan kegiatan seperti Sebelumnya, juga mempunyai kegiatan sebagai berikut.

> Merencanakan dan menyelenggarakan macam – macam perjalanan wisata.

> Merencanakan dan menjual paket wisata, baik dalam negeri dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya.

> Menyediakan tenaga pramuwisata, tour leader, dan tour conductor.

> Menyewakan angkutan wisata.

> Menyediakan atau memberikan fasilitas angkutan borongan, dll.

Kian tingginya mobilitas masyarakat turut melambungkan bismis tour and travel. Hal ini karena semakin banyak orang yang butuh akses cepat untuk perjalanan, baik domestik maupun luar negeri. Agen tour and travel telah menjadi kebutuhan masyarakat

Perusahaan tour and travel biasanya melayani berbagai pemesanan penerbangan, tour wisata dan tour umroh. Kemudian, setelah mengalami peningkatan dapat membuka agen dan sub agen yang berada diberbagai daerah destinasi.

Untuk menjadi agen tour and travel, tidak dipungut biaya administrasi. Agen cukup memasukkan uang deposit minimal Rp 200,000 untuk melakukan pembelian tiket langsung. Nantinya, agen akan mendapatkan akses Semua penerbangan maskapai domestik tujuan dalam maupun luar negeri. Untuk setiap transaksi, agen akan memperoleh komisi 2% sampa 55i dari harga dasar tiket pesawat.

Ada pula paket cabang dengan investasi Rp 10 juta. Mitra paket ini akan menjadi wakil perusahaan pusat di kota tempat mitra beroperasi. Mitra cabang akan memperoleh seluruh sistem, baik penerbangan maupun tour wisata, haji umroh. Mitra juga mendapat voucer umroh Rp 3,5 juta, deposit Rp.500,000, website perusahaan, alat promosi, seperti brosur, spanduk, iklan koran lkal dan jejaring sosial

Kelebihan paket cabang adalah bebas menjaring agen di kotanya. Cabang bisa menarik uang administrasi sewajarnya, misal beberapa ratus ribu untuk menjadi agen. Inilah keuntungannya.

Selain itu, mitra cabang bisa menetapkan sistem bagi hasíl dari transaksi agen dibawahnya. Mitra paket ini diperkirakan bisa menjual minimal 300 tiket per bulan. Dengan begitu, omzetnya mencapai Rp 200 juta sebulan, dengan laba bersih sekitar 2%. Jika itu tercapai, mitra bisa balik modal lima bulan hingga enam bulan.

Perhitungan ini belum termasuk penjualan paket tour wisata atau umroh. Untuk umroh, mitra mendapat komisi berkisar Rp.500,000 sampai Rp 1,5 juta per orang. Perusahaan tour and travel yang memiliki support system yang baik untuk cabang, seperti penyediaan layanan konsumen atau customer service untu ksetiap cabang, Sehingga jika ada agen dari cabang yang membutuhkan bantuan, bisa menghubungi customer service perusahaan.

Tour and travel sebaga bisnis jasa memang menggiurkan untuk dijalani. Bisnis yang bisa dimulai dari menjadi sub agen ini meraup keuntungan yang besar. Tugas-tugas perusahaan dan agen tour and travel seperti yang dijelaskan diatas cukup mudah dijalani. Kita hanya butuh ketekunan menggarap lahan ini dan keterampilan meyakinkan konsumen kita

Categories: Uncategorized Tags: