Home > Uncategorized > Mengurus Perizinan Agen Tour And Travel

Mengurus Perizinan Agen Tour And Travel

Biro Perjalanan Wisata atau tour and travel agency adalah jenis usaha jasa pariwisata yang merencanakan, menyelenggarakan dan melayani penjualan berbagai jenis paket-paket perjalanan wisata dengan tujuan ke dalam negeri (inbound) dan keluar negeri (outbound) termasuk didalamnya jasa pengurusan dokumen perjalanan, sepertitiket, paspor, visa atau dokumen lain yang diperlukan. Setiap badan usaha harus memiliki izin usaha yang diperlukan.

Dalam hal ini, izin agen tour and travel adalah izin yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada Badan Usaha atau perorangan untuk melaksanakan usaha jasa Biro Perjalanan Wisata, Agen Perjalanan Wisata (APW) dan Usaha Jasa Impresariat. Agen tour and travel harus memiliki izin usaha karena berkaitan erat dengan kepentingan orang banyak atau konsumen dan pihak penyelenggara layanan jasa.

Persyaratan administrasi yang dipenuhi oleh pemohonan baru adalah formulir permohonan yang telah diisi lengkap dan benar dan foto copy KTP bagi pemohon perorangan. Selain syarat tersebut, masih ada syarat lain, yaitu foto copy KTP pemohon dan akte pendirian Badan Hukum bagi pemohon yang berbadan hukum, foto copy KTP pemohon dan Anggaran Dasar bagi Koperasi, foto copy izin gangguan, Foto copy (IMB, dan proposal).

Sementara itu, untuk pemohonan daftar ulang atau perpanjangan syaratnya adalah formulir permohonan yang telah diisi lengkap dan benar, foto copy KTP bagi pemohon perorangan, foto copy KTP pemohon dan akte pendirian Badan Hukum bagi pemohon yang berbadan hukum, dan foto copy KTP pemohon dan Anggaran Dasar bagi Koperasi. Perlu juga dilampirkan foto copy lzin Usaha Jasa Perjalanan Wisata yang lama, pemindah tanganan ijin, formulir permohonan yang telah diisi lengkap dan benar, foto copy KTP bagi pemohon perorangan, foto copy KTP pemohon dan akte pendirian Badan Hukum bagi pemohon yang berbadan hukum, foto copy KTP pemohon dan anggaran Dasar bagi Koperasi, foto copy Surat pengalihan hak atau surat pernyataan tidak keberatan dari para ahli waris yang melampirkan foto copy Surat kematian pemegang izin, foto copy zin Usaha Jasa Perjalanan Wisata, foto copy izin gangguan, dan foto copy IMB.

Dalam pengurusan Surat – surat perizinan ini tidak dipungut atau bebas dari retribusi. Masa berlaku surat izin ini 5 (lima) tahun dan daftar ulang. Sementara. waktu proses standard pelayanan minimal 6 (enam) hari kerja bila Semua persyaratan dipenuhi dan benar.

Tanpa ada izin usaha, maka , UD, PT yang Anda bergerak dalam bidang tour and travel tidak akan dipakai oleh pihak manapun, Hal ini karena usaha Anda dianggap ilegal Karena tidak ada Akte Pendisian izin usaha yang telah disyahkan oleh Pihak Notaris atau Dinas Perdagangan.

Sebuah badan usaha jasa bukan hanya cukup didaftarkan saja kepada pihak Notaris atau Dinas Pariwisata, dalam kurun waktu 5 Tahun izin Usaha Anda akan secara otomatis akan berakhir dan harus segera diurus kembali.

Dengan adanya izin usaha yang dibuat secara tertulis dan disahkan oleh notaris maka Anda secara hukum menjadi pemilik usaha tersebut secara sah. Sama seperti kepemilikan surat surat tanah, jika ada gugat menggugat maka pemilik surat-surat tanahlah yang dianggap pemiliknya secara sah.

Categories: Uncategorized Tags: