Home > Uncategorized > Mengenal Ippoh Santosa Seorang Penulis Laris dan Pakar Otak Kanan

Mengenal Ippoh Santosa Seorang Penulis Laris dan Pakar Otak Kanan

Apa dan Siapa Sosok Ippho Santosa?

Seperti yang telah kita kenal, Ippho Santosa adalah salah satu nama motivator tenar di Indonesia. Setelah kenyang berkarier sebagai marketer di dalam dan luar negeri, ia lalu berbisnis dan menulis belasan buku. Buku-buku itu telah tersebar sampai ke Hong Kong, Jepang, Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Australia, Jerman, Belanda, dan Amerika.

Tidak hanya itu, setelah karir menjadi marketernya selesai, ia mendirikan Enter Trend Training dan menjalankan lembaga tersebut, di mana puluhan ribu orang dan perusahaan yang telah menjadi peserta pelatihan dan seminarnya. Kini namanya Sudah didengar oleh publik sebagai pakar otak kanan penulis buku bestseller dan penerima MURI Award.

Berkat kemampuannya itu, publik mengenal Ippho sebagai pakar otak kanan, penulis buku mega bestseller (masuk MURI, pembicara seminar di Indonesia dan Singapura, serta pemilik TK dan PG Khalifah di belasan kota. Konsep TK dan PG Khalifah ini sendiri membuka kerja sama dengan mitra usaha. Salah satu mitra usaha TK Khalifah adalah selebriti tenar tanah air, Shireen dan Zaskia Sungkar.

Mengenal Ippoh Lebih Dekat Siapa sebenarnya sosok lppho yang fenomenal ini? Ippho Santosa dilahirkan pada hari Jumat Wage tanggal 30 Desember 1977 atau 20 Muharam 1398 di Pekanbaru, dari orang tuayang bernama Dwianto Sri Santosa dan Husnelly Nedvia. Ayahnya berasal dari Daerah Istimewa Jogjakarta, ibunya dari Sumatera Barat. Kebetulan, pada zaman perjuangan dua daerah ini pernah menjadi ibukota Republik Indonesia. Dibesarkan dikeluarga yang sangat sederhana, ia dikarunai satu adik dan dua kakak. Setelah menamatkan S1 Marketing di Malaysia, ia sempat berkarir sebagai pemasar di Sinar Mas Group, Genting Highland, dan perusahaan Filipina, interpreter untuk ILOPBB, dosen di Universitas Internasional Batam. Kemudian ia mendirikan dan menjalankan EnterTrend Training, di mana belasan ribu orang diseluruh Indonesia telah menjadi peserta pelatihan dan seminarnya sepanjang 2004-2007. Enter Trend Training juga menangani konsultasi dan riset pemasaran. Mulai pertengahan 2007, ia mengurangi memberikan pelatihan, konsultasi, dan riset. Sampai2007, klien kliennya adalah Telkom, Telkomsel, Indosat, PLN, BTN, Bank Panin, BPRIndra, Takaful, distributor ConocoPhilips, distributor Honda, distributor Yamaha, Jasa Raharja, Bio Farma, Pelindo, REI, PHRI, Terminal Tiket, Patria Tours & Travel, Southlinks Country Club, Sepatim (Semen Padang), Riau Pos Group, Arsikon (Pengembang Coastarina), ITS Surabaya, Universitas 17 Agustus Surabaya, Universitas Internasional Batam, Sekolah Global IndoAsia, Sekolah Kallista, RS. Awal Bros, RS. Budi Kemuliaan, RS. Otorita Batam, Rumah Zakat, Badan Otorita Batam, Pemko Batam, Satlantas Kepri, Dispenda Kepri, DPRD Kepri (Piswan, dan masih banyak lagi.

Setelah berkarier di dalam dan luar negeri, kemudian ia berbisnis dan menulis banyak buku, yang telah tersebar sampai ke Timur Tengah, Jepang, Australia, Eropa, dan Amerika. Buku-buku terbaik Ippho yang cukup laris dipasaran adalah:

• 7 Keajaiban Rezeki: Rezeki Bertambah Nasib Berubah Dalam 99 Hari Dengan Otak Kanan (buku terlaris dan seminarterbesar 2010-2011 seIndonesia

• Percepatan Rezeki Dalam 40 Hari Dengan Otak Kanan

 

• 10 Jurus Terlarang! Kok Masih Mau Bersaing Cara Biasa”

• 13Wasiat Terlarang! Dahsyat dengan Otak Kanan!

• Marketing is Bullshit.

• Meledakkan Profit dengan Otak Kanan.

Berkat kemampuan yang bisa dibilang multi talenta itu, Ippho diganjar banyak gelar. Majalah SWA menyebutnya sebagai motivator sekaligus pengusaha. Majalah Ummi menyebutnya sebagai penanam amal jariyah. Koran Tempo menyebutnya sebagai miliarder muda yang berbagi. Yang jelas, publik mengenalnya sebagai:

  • Pakar otak kanan.
  • Penulis megabestseller (masuk MURI).
  • Pembicara di Asia (termasuk Hongkong dan Jepang).
  • Pendiri 70-an cabang TK Khalifah se-Indonesia.

Untuk buku, salah satu bukunya yang sangat fenomenal adalah buku 7 Keajaiban Rezekiyang menjadi Best Seller selama beberapa tahun terakhir Buku tersebut sangat mencerahkan dan memotivasi banyak orang. Untuk melihat bagaimana buku ini menginspirasi banyak orang, kita bisa melacak apa kata Ust. Yusuf Mansur, tentang 7 Keajaiban Rezeki yang fenomenal itu seperti saya kutip di bawah ini: “Dari Mekkah ke Jeddah, dari Jeddah ke Mekkah, ditemani buku 7 Keajaiban Rezeki. Subhanallah! Buaaagus”

Selain ustad Mansur, Sandiaga Uno, salah satu orang terkaya di Indonesia, juga tidak ketinggalan memberi statement: Ternyata otak kanan mengubah cara pandang kita. Give first, listen first. Salut untuk Mas lppho. Saya banyak belajar dari buku ini. Semoga bertambah lagi pengusaha yang belajar dari buku ini dan menggunakan otak kanannya.”

Seorang PNS di Pekan Baru, H. Musa, SH, MH, juga terinspirasi buku ini. Untuk buku Ippho ia berkomentar, Setelah baca buku 7 Keajaiban Rezeki, saya praktekin, saya naikin dosisnya. Wah, tambah cespleng! Paginya praktek, sorenya langsung cair”- Kusnadi Ikwani, Pemilik Belasan Outlet Ayam Pakuan. Saya SMS teman-teman tentang buku ini, terutama tentang halaman 44 dan 98. Sebagian Saya belikan buku ini. Tahu-tahu malamnya saya dapat rezeki nomplok Rp 150 juta! Tunai Subhanallah, betul-betul dahsyat otak kanan”.

Tanggapan positif tentang buku Ippho juga datang dari luar negeri, salah satunya, Onyai Chas (Rina Chas), Pemilik Galang Saudi, Domisili di Mekkah. Dia berkomentar Saya sudah punya lima buku karya Bung Ippho. Mei tahun 2010 ananda saya, Vega, menghadiahkan buku 7 Keajaiban Rejeki. Semua anjuran di buku tersebut kami tingkatkan. Sungguh menakjubkan Juni dan Juli ini, alhamdulillah, Galang Saudi berhasil melayani 696 orang jemaah umrah! Benar-benar angka yang fantastis Saya pun menghadiahkan buku ini ke kenalan-kenalan saya. Sampai-sampai Saya kirim ke Boston, Amerika”

Penulis Buku Mega Best Seller

Kita tahu, Sampai saat ini, karya-karya Ippho Santosa selalu menjadi urutan teratas dalam daftar buku-buku terlaris di setiap toko buku. Karya-karyanya banyak diambil dan terinspirasi dari latar belakangnya sebagai marketer baik di dalam maupun diluar negeri. Tidak hanya 7 Keajaiban Rezeki yang fenomenal itu, bahkan hingga sekarang, buku yang diterbitkan Sudah

mencapai belasan jumlahnya. bukan hanya laris di dalam negeri tapi juga Sudah merambah ke negara – negara seperti : Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Kuwait, Arab Saudi, Qatar, Perancis, jerman, Australia, Belanda Sampaike Amerika. Dimulai dari tulisan tulisan sederhana tentang pengembangan diri yang biasa dimuat di beberapa Surat kabar, majalah dan juga di Siarkan di Stasiun-stasiun radio Sumatera. Sekarang, Ippho Santosa termasuk dalam daftar penulis dan pembicara paling laris di Indonesia. Tidak hanyaitu, bersama dengan timnya. Ippho Santosa membuka peluang – peluang kerjasama yang mungkin bisa di jajaki oleh para pembaca yang tertarik berbisnis. Bagi Anda yang tertarik bekerjasama, berikut penulis lampirkan beberapa bisnis lppho Santosa, bisa langsung menghubungi:

  • TK Khalifah (kontak : 0877-7779-2779/0811-1200446).
  • Kadija Slimming (kontak : 0815-1548-3458/08385743-4888)
  • Kaia Clothing (KaiaClothing.com)
  • Rock Theory (Rock-Theory.com)

Seperti yang telah disinggung diatas, buku-buku Ippho memang terbukti telah mengispirasi banyak orang. Buku-buku itu mengukuhkan nama Ippho, sekaligus menjadikannya sebagai motivator yang mumpuni. Dari daftar buku ippho, berikut urutan berdasarkan tahun keluarannya:

  • 7 Keajaiban Rezeki: Rezeki Bertambah Nasib Berubah Dalam 99 Hari Dengan Otak Kanan (Buku terlaris dan seminar terbesar sepanjang 2010-2011 di Indonesia).
  • Percepatan Rezeki Dalam 40 Hari Dengan Otak Kanan
  • 10 Jurus Terlarang! Kok Masih Mau Bersaing Cara Biasa?
  • 13Wasiat Terlarang! Dahsyat Dengan Otak Kanan.
  • Marketing is Bullshit: Meledakan Profit Dengan Otak Kanan.
  • Ensiklopedia Rezeki & Keajaiban – Keajaiban (setebal 7jilid, yang hanya bisa di pesan melalui no 0812-7049090).

Dari catatan singkat mengenai biografi Ippho Santosa, banyak yang bisa dipetik. Pengetahuan tentang otak kanan dan pemanfaatan kemampuan yang dianugerahkan Tuhan, walaupun pengetahuan ini tidaklah baru, tetap penting, mengingat di sekitar kita banyak kita dapati pemanfaatan potensi dari Tuhan sebetulnya masih jauh dari maksimal. Sepertihalnyalppho Santosa, ia hanya mengembangkan salah satu anugerah yang berikan oleh Nya, yaitu kecerdasan otak kanan. Namun hasilnya sungguh sudah luar biasa. Menjadi berkelimpahan sudah pasti danyang lebih penting, lppho Santosa mampu berbagi dengan sebanyak-banyaknya masyarakat. Seperti yang sering ia sampaikan, Produksi dan distribusi Sebesar-besarnya, konsumsi sekedarnya saja” Buku-buku di atas yang ditulis Ippho santosa, kesemuanya merupakan bestseller bahkan ada yang menyabet predikat Mega Best seller. Penerbit mengatakan bahwa dari 10 buku non-fiksi best seller ditahun 2011, empat di antaranya merupakan buku karya Ippho Santosa. Luar biasa! Pengakuan dan penghargaan yang ia terima makin memantapkan langkahnya untuk terus berbagi. Penghargaan agar makin banyak yang belajar mengenal kemudian belajar.

Gebrakan 7 Keajaiban Rezeki

Buku 7 Keajaiban Rezeki Karya Ippho Santosa adalah buku yang penuh keajaiban, tentang percepatan-percepatan cara mendapatkan rezeki. Isinya yang aplikatif, penggunaan bahasa yang lugas dan jelas. Anda bisa membelinya, jika ingin mengetahui dan mendapatkan keajaiban-keajaiban rezeki dalam hidup. Disetiap akhir bab keajaiban, Anda akan diminta Take Action untuk mewujudkan keajaiban yang telah Anda baca. Tentang keajaiban itu berikut dicuplik sedikit isi buku karya Ippho itu:

Belajar dari 7 Keajaiban Rezeki Ippho

lppho membagi buku 7 Keajaiban Rizki menjadi tujuh tangga keajaiban. Tujuh tangga keajaiban itu diurutkan berdasarkan yang faktor yang paling mempengaruhi. Hirarkl tujuh tangga keajaiban itu adalah:

Keajaiban 1

• “Sidik Jari Kemenangan”

Setiap orang adalah unik. Setiap orang punya cara tersendiri untuk meraih kemenangan dengan lebih cepat. Yang mana cara tersebut mungkin hanya berlakupada dirinya, namun tidak berlakupada orang lain. Unik, layaknya sidikjari. Sidik Jari Kemenangan”

Keajaiban 2 

• Sepasang Bidadari

Turunnya bidadari pertama:

  • Tahukah Anda, keridhaan Yang Maha kuasa itu tidak terlepas dari keridhoan orang tua, Tahukah Anda? Lingkar pencipta itu tidak terlepas dari lingkar keluarga?
  • Kalaulah Dia Sudah ridho, maka menggeraklah LOA, doa dan impian adalah perkara yang mudah.
  • Tahukah Anda, doa orang tua membuat rezeki Anda betulbetul tercurah? Namun hati-hati, demikian pula sebaliknya. Orangtua dan doanya, inilah bidadari pertama.

Turunya bidadari kedua:

  • Sepasang bidadari, kalau orangtua ituadalah bidadari yang pertama, lantassiapakah bidadari keduaTidak lain tidak bukan, dia adalah pasangan Anda. Menurut saya, menikah itu korelasi positif dengan rezeki

Keajaiban 3

Golongan Kanan”

Perbedaan otak kiri dan otak kanan

image00

Ketika istilah-istilah otak kanan ditemukan Satu kutipan religius berbunyi: “mulailah dengan yang kanan” maknanya luas, Salah Satu maknannya menurut Saya dan juga Ary Ginanjar “mulailah dengan otak kanan”

  • Budaya Islam, Kristen dan Indonesia juga akrab dengan istilah-istilah serba kanan yang seluruhya identik dengan kebaikan.
  • Kebetulan dalam bahasa Inggris, kanan’ dan benar” itu sama-sama diterjemahkan jadi Right. Mungkin ini isyarat kanan itu memang benar sedangkan kiri atau ketinggalan itu Sama-sama diterjemahkan jadi Left. Dan mungkin ini juga isyarat kiri itu selalau ketinggalan.

Keajaiban 4

“Simpul Perdagangan”

Islam Sangat menganjurkan perdagangan, ini terbukti pada salah satu wasiat penting Nabi berdaganglah engkau, karena sembilan dari sepuluh rezeki itu berada diperdagangan. Inilah dia dimana sebagian kecil manusia mengguasai sebagian besar rezeki.

  • Para pedagang, merekalah yag menggerakkan roda perekonomian
  • Merekalah yag membuka lapangan kerja
  • Merekalah yang memberi sumbangan besar-besaran
  • Merekalah yang mempenggaruhi pemerintah
  • Bahkan merekalah yang menggendalikan dunia

Keajaiban 5

“Perisai Langit”

Supaya rezeki bertambah apa yang diajarkan oleh agama?

• Sedekah, Sholat Dhuha, Sholat Tahajud, Istigfar, Dzikir, Tawakal, Syukur, Menikah, Berhaji, Berumrah, Memperbaiki Ibadah.

Nah, apabila Anda sudah bersenjatakan lima ruas perisai langit. Maka hampir dipastikan tidak akan ada mahluk bumiyang Sanggup menghalanghalangi rezeki Anda. Sebab itulah, perisai langit disebut juga amal-amal yang melipat gadakan rezeki.

Keajaiban 6

Pembeda Abadi”

Tingkatkan perbaikan atau perbaiki kelemahan?

  • Memperbaiki kelemahan hanya mengubah Anda dari orang di bawah rata-rata menjadi orang diatas rata-rata.
  • Meningkatkan kekuatan akan mengubah Anda dari orang rata-rata menjadi Orang diatas rata-rata. Terbukti, kebanyakan orang menjadi pemenang di muka bumi ini karena meningkatkan kekuatan. Amat langka karena telah memperbaiki kelemahan. Menjual lebih mahal, lebih banyak, lebih cepat.
  • Tanpa bola kristal sekalipun, dapat diramalkan kelak keberuntungan akan berpihak pada orang dan produk dengan persepsi publik yang kuat, sesuai dan dapat dipercaya. Jika persepsi publik terlanjur lemah terhadap Anda Orang rata-rata, gampang dilupakan dan tidak mungkin Anda dibayar lebih mahal. Ketika seseorang terlahir tanpa kelebihan khusus.
  • Ironisnya, tidak sedikit manusia yang berkeluh kesah, menganggap dirinya adalah manusia yang biasa-biasa saja, yang terlahir tanpa kelebihan khusus. Padahal, dia telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Bahkan dia telah memerintahkan malaikat untuk Sujud dihadapan manusia. Makanya dia menyerahkan hak pengelolaan bumi dan seluruh isinya kepada manusia, bukan kepada malaikat. Itu artinya Dia telah menitipkan potensi yang betul-betul tak ternilai harganya pada diri Anda, Jadi, Anda tinggal menggalinya Saja.

Keajaiban 7

“Pelangi Ikhtiar”

Ketahuilah, kata Ippo, pelangi ikhtiar ini dihiasi oleh 7 bias:

  • Bias impian
  • Bias Tindakan
  • Bias Kecepatan
  • Bias Keyakinan
  • Bias Pembelajaran
  • Bias Kepercayaan
  • Bias Keikhlasan

Kalau semuanya Sudah, pasti pelangi ikhtiar akan berujung pada perubahan pada perubahan nasib. Agar semuanya terhitung ibadah, harus ada keikhlasan. Take Action! Yang harus Anda lakukan menurut Ippho:

  • Besarkan impian
  • Segerakan dan perbanyak action
  • Perhatian sungguh-sungguh faktor pengali
  • Sempurnakan pelangi ikhtiar

Demikianlah resume dari buku 7 Keajaiban Rezeki Karya Ippho Santosa, semoga berbagi kebaikan akan terus Anda, saya dan kita semua terus lakukan. Jika Anda begitu penasaran dan heran, langsung belilah buku ini.

Ippho Santosa: Memotivasi dengan Otak Kanan

Banyak dari kita semua telah mengetahui keberadaan otak kanan dan otak kiri. Keduanya memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Otak kiri beroperasi dibidang penalaran logis, strategis dan matematis. Sedangkan otak kanan bergerak di bidang intuisi, estetika, emosi, gambaran holistik.

Bagaimanakah otak kanan memainkan perannya dalam kesuksesan bisnis? Ippho Santosa, motivator yang Sekaligus juga pakar otak kanan, memberikan jawabannya bagi Anda. Saya berasal dari keluarga yang sangat sederhana,” kata Ippho Santosa kepada Excellent Business Magz ketika mengawali obrolan via surat elektronik. Kesederhanaan tersebut ia gambarkan dengan pengalamannya berjualan menjajakan barang dagangannya. Pernah pada satu ketika lppho mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan, ia diludahi oleh orang lain ketika berjualan. la juga penah mengalami dua hari tidak makan. Kondisi tersebut memaksa lppho untuk mampu bertahan hidup. Ia pernah berbisnis donat, Soto, gado-gado dan bakso.

Terlahir sebagai anak dari sebuah keluarga paspasan yang menempati rumah kontrakan di Dumai, Riau, Ippho menyaksikan sang ibu yang setiap hari bekerja dan pulang dengan menggunakan becak Selama 10 tahun. Kemudian Ippho dan keluarga pindah ke kota lain di Kepulauan Riau. Di tempat baru itu, mereka tinggal disebuah rumah tipe 21, rumah yang kecil bagi sebuah keluarga yang beranggotakan 6 orang.

Perjalanan hidup Ippho berubah dari waktu ke waktu. Ketika masih bersekolah tingkat Sekolah Dasar, Ippho sering sekali sakit. Bahkan, ia pernah tidak masuk sekolah selama 1 bulan lantaran sakit. Kondisi fisik yang lemah masih lekat pada dirinya hingga tingkat SMU. Anda tentu Sulit membayangkan seorang anak laki-laki menginjak dewasa yang mudah pingsan ketika upacara sekolah. Tapi percayalah bahwahal ini betul-betul dialami sendiri oleh Ippho yang kini tidak pernah mengalami sakit parah.

Dari segi kehidupan sosial, lppho pernah mengidap kekuperan yang sangat parah semasa kelas 1 SMU. Pada saat itu ia tidak berani tampil dihadapan kelasnya. Selain itu, Ippho remaja sangat lemah di pelajaran bahasa Inggris. Tentunya hal ini juga berperan dalam faktor ketidak percayaan diri di antara teman-temannya.

Dan bagaimana yang terjadi sekarang? Ia berpengalaman menjadi penterjemah untuk proyek Perserikatan Bangsa Bangsa dan menjadi dosen kelas internasional. Bahkan, Ippho yang mengaku tidak memahami tangga nada ini pernah mengarang sebuah lagu yang liriknya berbahasa Inggris. Kehidupan sosialnya berubah drastis. Lihat saja jumlah followersnya lebih dari 112.000 orang di twitter.

Ketika Ippho kuliah, sang ayah meninggalkannya untuk Selama-lamanya. Praktis, ia harus bertahan hidup di perantauan. Ia memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Ia bertahan hidup dengan menjual makanan setiap hari, dari jam 6 pagi hingga 12 malam. Sekarang ini, kehidupannya sangat berbeda lantaran ia telah memiliki beberapa bisnis.

Perubahan yang dialaminya begitu membuatnya takjub, sampai-sampai ia menuliskan pengalaman dan pembelajaran yang ia alami dalam bentuk buku. Ippho mengakui bahwa ia sempat menyerahkan buku kepada Donald Trump pada sebuah kesempatan makan malam bersama. Seperti yang tercatat di atas, buku-buku Ippho itu laris manis kendati nyaris tanpa mengalami promosi apapun.

Otak Kanan: Otak Khas Pebisnis

Buku 7 Keajaiban Rezekiadalah contoh salah satu buku dari kumpulan buku Seri Otak Kanan. Ippho memang dikenal Sebagai pembicara publik yang memfokuskan diri pada kekuatan yang dimiliki otak kanan manusia. Otak manusia adalah semacam prosesor di dalam komputer yang memiliki tiga bagian utama secara umum, yaitu otak kiri, otak kanan dan otak tengah.

Otak kiri identik dengan nalar logis, kognisi, sudut pandang realistis, analitis, kuantitatif, aritmatik, linier, terencana, kausal (sebab akibat, folkus, kecerdasan verbal, Sudut pandang self-centric (berpusat pada diri sendiri. Sedangkan otak tengah adalah semacam otak bawah sadar yang menyimpan endapan pikiran-pikiran alam bawah Sadar manusia. Otak yang berbeda dari kedua otak tersebut adalah ota kkanan.

Rahasia Sukses Ippho Santosa

Ippho Santosa adalah fenomena di dunia motivasi Indonesia. Apa rahasia Sukses lppho? Buku garapannya itu menjawabnya. Dalam buku Dua Menit yang Menentukan” misalnya, Ippho secara lugas dan blak-blakkan mengupas rahasia Suksesnya Sebagai motivator maupun Sebagai entrepreneur. Buku Dua Menit yang Menentukan merupakan trilogi yang mengupas masalah rezeki. Sebelumnya terbit 7 Keajaiban Rezekidan Percepatan Rezeki.

Di buku ini, Ippho masih membahas masalah dasar untuk menuju kekayaan, hanya Saja dengan penekanan yang lebih menukik. Fondasi untuk menuju kekayaan, menurut Ippho, adalah mindset alias pola pikiryang benar, passion alias gairah yang kuat, value alias manfaat yang besar, dan model alias teladan yang dekat. Dan tiangt-iangnya adalah bisnis, investasi, properti, dan emas.

Mindset menjadi fondasi utama yang paling menetukan. Di bab Dua Menit yang Menentukan” (hlm. 14-22), Ippho mengajukan sejumlah kalimat, semisal: biar miskin asal dengan pelit, sombong, dan serakah; orangkaya Sulit masuk adalah takdir, mungkin juga kebetulan; saya memang kurang beruntung; saya orang biasa-biasa saja, mustahil bisa kaya; saya baik-baik saja, Saya tidak perlu kaya; memang sih Saya bisa kaya, tapi; sangat sulit untu kmenjadi kaya; dan saya dikasih dong, saya gratis dong.

Menurut Ippho, bila Anda sering membatinkan dan membenarkan kalimat kalimat itu, maka jelas Sudah, Anda tidak berpotensi kaya. Tidak perlu dua menit untuk mengetahuinya. Memang, kata Ippho lebih lanjut, hanya Allah yang mengetahui kekayaan, kesehatan, rezeki, nasib, dan masa depan seseorang. Namun manusia diperkenankan untuk berpikir, mengukur, dan mengira-ngira.

Ippho sendiri lahir dari keluarga sederhana. Seperti telah kita tahu, karena desakan ekonomi, sejak SMA Ippho sudah malang melintang didunia bisnis. Mulai berbisnis kecil-kecilan jualan ikat pinggang, menerima jasa terjemah, hingga menekuni bisnis musik. Tahun 2007, Ippho mendirikan TK Khalifah dengan menggandeng Satu mitra dan satu pemodal. Namun ditengah jalan, pemodal dan mitra usahanya mundur karena tidak sabar dan meminta uangnya kembali. Hikmahnya, TK itu menjadi milik Ippho sepenuhnya.

Seiring berjalannya waktu, TK Khalifah berkembang pesat. Tahun 2011, jumlah cabangnya mencapai sekitar 70an cabang. Majalah Franchise pun menobatkan TK Khalifah sebagai The Fastest Growing 2011 untuk kategori pendidikan. Beberapa artis dan pengusaha kondang, diantaranya Shireen Sungkar dan Mas Mono (Ayam Bakar Mas Mono), menjadi mitranya.

Apa rahasia sukses Ippho yang lain? Dibuku Dua Menit yang Menentukan ini, Ippho memberikan rahasia suksesnya dengan rumus Sukses Besar = Pembeda Abadix Daya Ungkit x Kesesuaian Momentum. Ketika disebut kata sedekah, maka yang terbayang adalah nama Ustad Yusuf Mansur. Ketika disebut kata zikir, maka yang terbayang adalah nama Ustad Arifin Ilham. Ketika disebut kata entrepreneur, maka yang terbayang adalah nama Purdi E. Chandra. Ketika disebut kata marketing, maka yang terbayang adalah nama Hermawan Kartajaya. Ketika menyebut kata bisnis, maka yang terbayang adalah nama Rhenald Kasali. Begitu seterusnya. Itulah yang disebut Pembeda Abadi.

Selain mengungkap rahasia Sukses pribadinya sebagai motivator dan entrepreneur, di buku ini Ippho juga mengungkap rahasia kekayaan Donald Trump, Robert Kiyosaki, Chairul Tanjung dan Azim Premji, serta rahasia kekayaan Abdurrahman bin Auf dan Usman bin Affan sehingga menjadi Salah Satu orang terkaya di zamannya.

Seperti buku-buku Ippho yang lain, Buku Dua Menit yang Menentukan” sangat menarik, sarat inspirasi, dan memiliki daya motivasitinggi, sebagai pembangkit semangat untuk berani menentukan impian dan gigih mewujudkannnya dengan sepenuh keyakinan.

Profesor Logika Kanan

Menurut Ippho Santosa, iklhas itu pamrih. Dia menjelaskan bahwa setiap barangyang kita sedekahkan akan dibalas oleh Allah mulai 10 kali lipat, atau 700 kali llipat. Jadi bersedekah itu boleh pamrih, asal pamrihnya kepada Allah.

Logika yang dikembangkan Ippho Santosa, adalah turunan dari ketetapan Al-Quran sebagai berikut; logika pertama, Allah membalas 10 kali lipat; Barang Siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang Siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan” (Al Anam160).

Dalam ayat ini, berlaku logika pengurangan 1-110. Inilah logika Al-Quran yang dijadikan rumus hidup oleh Ippho Santosa. Logika kedua, sebagaiberikut; Perumpamaan (nafkahyang dikeluarkanoleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui” (Al Baqarah: 261).

Kalau kita identifikasi, ayat diatas menjelaskan balasan berlipat ganda yang dijelaskan oleh lppho Santosa. Tertulis dalam konsep Al-Quran yaitu, sebutir benih menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Jika kita buat rumus dari kelipatan itu adalah 1-1700

Dari mana logika – logika di atas kita ketahui? Dari Al-Quran, kan. Al-Quran siapa yang buat? Ya jelas Tuhan bukan Nabi Muhammad saw. Maka dari itu kita sebut ini logika kanan. Kalau disebut logika Al-Quran, saya takut akan ada yang terjebak menTuhankan Al-Quran.

Selanjutnya, lppho Santosa berpendapat, Ikhlas atau Tidak Ikhlas Tetap Dibalas. Mengapa demikian? Ippho berpendapat bahwa sedekah berbalas ini sudah menjadi ketentuan Tuhan, dan dia sebut sebagai hukum kausalitas. Berikut adalah ketetapan Tuhan yang mendasari pendapat Ippho; Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka

Ayat diatas menjelaskan berlakunya hukum kausalitas atau hukum gravitasi seperti yang terdapat dalam bumi. Jadi dengan berlakunya hukum ini, kalau Anda keluarin sedekah (ikhlas atau tidak), Allah tetap akan mengembalikan sedekah Anda, karena itu ketetapan. Seperti benda yang dilempar ke atas akan kembali ke bawah karena itu sudah ketetapan (hukum) alam.

Categories: Uncategorized Tags: