Home > Uncategorized > Memahami Bisnis yang Bergerak Dibidang Jasa

Memahami Bisnis yang Bergerak Dibidang Jasa

Banyak orang yang menjalankan bisnis jasa karena bisnis jasa dianggap memiliki keunikan dan kerumitan yang cukup menantang. Secara khusus, jasa atau layanan adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

Jasa juga didefinisikan Sebagai setiap tindakan atau untuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.

Seringkali dikatakan bahwa bismis jasa memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari bisnis barang atau produk-produk manufaktur. Seperti dikatakan Adrian Payne, empat karakteristik yang paling sering dijumpai dalam jasa dan pembeda dari produk pada umumnya adalah sebagai berikut.

> Abstrak

Jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud. Jasa tidak dapat dilihat, dirasakan, dicicipi atau disentuh dengan alat indrawi seperti yang dapat dirasakan dari Suatu barang. Namun demikian dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh konsumen.

> Tidak Bernilai Tetap

Jasa merupakan variabel non-tandar dan sangat bervariasi. Karena jasa itu berupa sesuatu unjuk dikerjakan, maka tidak ada hasil jasa yang sama walaupun dikerjakan oleh satu orang. Hal ini dikarenakan oleh interaksi manusia, yakni antara produsen dan konsumen, dengan segala perbedaan harapan dan persepsi yang menyertai interaksi tersebut.

> Melibatkan Konsumen

Jasa umumnya dihasilkan dan dikonsumsi pada Saat yang bersamaan, dengan partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada di tempat jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian dalam proses produksi tersebut.

> Bersifat Sementara

Jasa tidak mungkin disimpan dalam persediaan. Jasa tidak bisa disimpan, kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produşen jasa di mana ia membeli jasa. Dengan memahami karakteristik diatas dapat dikatakan bahwa bisnisj asa adalah proses yang terdiri atas Serangkaian aktivitas intangible yang biasanya terjadi pada interaksi antara konsumen dan produsen jasa dan atau sumber daya fisik atau barang dan atau sistem penyedia jasa, yang disediakan Sebagai Solusiatas masalah konsumen. Interaksi antara

penyedia jasa dan pelanggan kerap kali terjadi dalam jasa, sekalipun pihak pihak yang terlibat mungkin tidak menyadarinya. selain itu, dimungkinkan ada situasi dimana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan jasa

Categories: Uncategorized Tags: